Camat Wonogiri Hadiri Musyawarah Sektor Pertanian Di Desa Sonoharjo

Sonoharjo, [29-02-2020]..Setelah seluruh rangkaian Musyawarah Dusun (Musdus) yang diselenggarakan pada 17 dusun di Desa Sonoharjo dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Tahun 2020-2025 telah usai, giliran berikutnya adalah musyawarah sektoral dan kelompok. Mengawali musyawarah sektoral yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 Februari 2020 adalah musyawarah sektor pertanian. Sektor pertanian menjadi potensi yang sangat besar di Desa Sonoharjo mengingat luasnya lahan pertanian baik sawah dan ladang, dan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani.

Musyawarah sektoral pertanian kali ini dilaksanakan di tepian dusun dan berdampingan dengan hamparan lahan pertanian dengan tanaman pangan padi palawija juga perkebunan tebu. Lokasi muskel (musyawarah kelompok) sengaja dilaksanakan didekat lahan pertanian mengingat musyawarah ini bersifat terbuka, siapapun boleh hadir. Bahkan petani yang saat itu sedang beraktifitas di lahan pertanian diperbolehkan bergabung dengan komunitas musyawarah.

Berkenan hadir dalam acara tersebut yakni Camat Wonogiri, Kepala Desa Sonoharjo, Mantan Kepala Desa Sonoharjo, Ketua Gapoktan Ngudi Makmur, para Ketua Kelompok Tani, PPTD Pengairan, dan beberapa petani. “Musyawarah Kelompok sektoral kali ini dimaksudkan untuk membantu Kepala Desa dalam melaksnakan kewajiban yakni menyusun RPJM Desa. Harapannya RPJM Desa bisa disinergikan dengan Panca Program Bupati Wonogiri, salah satunya yakni Sukses Petanine. Untuk itu mari kita inventarisasi kebutuhan petani guna meningkatkan taraf hidup yang pada gilirannya akan membantu program pengentasan kemiskinan menuju 1 digit yakni angka 9 %”, papar Camat Wonogiri Djoko Purwidyatmo, S.Sos, MM yang sebelumnya menjabat Camat Kismantoro.

Saya rela jika lahan pertanian saya terkena pelebaran jalan, pernyataan Bp Samidi petani
Saya rela jika lahan pertanian saya terkena pelebaran jalan, pernyataan Bp Samidi salah seorang petani (foto : Tarwi)

Setelah acara sambutan oleh Camat Wonogiri dan Kepala Desa Sonoharjo, selanjutnya musyawarah dipandu oleh Tim 11 atau tim penyusun RPJMDesa. Musyawarah sektoral dikemas secara non formal dan lebih kepada dialog interaktif. Kedua masyarakat Dusun Jatinom dan Dusun Pugut mengusulkan program secara bersamaan yakni Jalan Usaha Tani. Jalan ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada sektor pertanian saja, namun juga menjadi jalan tembus atau penghubung kedua Dusun tersebut. “Jalan pertanian Dusun Pugut ke Dusun Jatinom sudah saya programkan pada era 1989-1990. Kala itu saya sudah membuat bidang jalan tersebut dengan lebar jalan 4 m, bahkan masyarakat dikanan kiri jalan tersebut merelakan jika lahan pertanian mereka kena pelebaran jalan sampai dengan 5 m. Sayangnya tidak ada tindak lanjut, dan kini jalan tersebut menyempit”, adalah Suwarno Mantan Kepala Desa Sonoharjo memberikan testimoni.

Camat Wonogiri berkenan makan Nasi Thiwul ikan asin bersama-sama petani. (Foto Agus DS)

Kalangan petani menyampaikan keluh kesah terkait langkanya air di masa tanam kedua, mereka mengusulkan pengadaan Sumur Bor Air Bawah Tanah agar menjadi solusi kelangkaan air. Usulan yang lain adalah pembangunan saluran irigasi yang merupakan irigasi teknis dari Bendung Watu Jaran yang terletak disebelah utara Dusun Klumpit. Banyak saluran irigasi yang sudah rusak dan bocor, hal ini menyebabkan aliran air tidak sampai ke lahan pertanian di Dusun Pugut dan Dusun Jatinom.

Setelah selesai melaksanakan musyawarah sektoral, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama-sama. Hidangan khas pedesaan yakni nasi thiwul, ikan asin, sayur rebung, dan pecel sudah disiapkan oleh warga sekitar. Sembari makan siang diselingi dengan bincang-bincang ringan. “Jalan Usaha Tani Pugut Jatinom kami targetkan tahun 2022 akan terealisasi, jika ruang anggaran APBDesa tidak mampu mengcover, kami akan mencari peluang pembiayaan supra Desa, entah itu APBD II APBD I, bahkan tidak menutup kemungkinan APBN”. papar Kepala Desa Sonoharjo Suharno Indra Prastyo. (Admin-SID).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan