Pelatihan Ternak Burung Puyuh Prospektif Menambah Penghasilan

Sonoharjo, (08/01/2019)..Sejumlah 20 orang hadir sebagai peserta dalam acara Pelatihan Ternak Unggas Burung Puyuh yang dilaksanakan di aula Kantor Kepala Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari beberapa dusun. Pelatihan ini merupakan kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat desa.

Sumber pembiayaan kegiatan ini adalah dari DDS (dana desa) Tahun Anggaran 2019 dengan plafon anggaran senilai Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah). Pelatihan ternak unggas burung puyuh ini merupakan pelatihan kali ketiga dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Pelatihan petama yakni kerajinan tangan berbahan dasar bambu, lalu yang kedua adalah pembuatan pupuk organik, lalu yang ketiga adalah pelatihan ternak unggas ini.

” Kami berharap pelatihan ini bukanlah pelatihan yang bersifat instan, artinya setelah selesai pelatihan peserta dapat mempraktekkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin ternak burung puyuh sangat prospektif dan menjanjikan. Sebelum masuk ke ruangan ini saya tadi sudah diskusi panjang lebar seputar ternak burung puyuh dengan nara sumber”, papar Suharno Indra Prasetyo Kepala Desa Sonoharjo.

Sedianya pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, namun mengingat situasi dan kondisi, juga bersamaan dengam siklus pertanian, akhirnya kegiatan hanya bisa dilaksanakan selama 1 (satu) hari. “Beternak burung puyuh sebetulnya simple, praktis dan tidak banyak menyita waktu. Saya ternak burung puyuh dirumah kira-kira sejumlah 3.000 ekor. Puyuh-puyuh tersebut saya beri makan setiap hari satu kali, hanya pagi hari. Siang dan malam prkatis tidak diberi makan”, ujar Arif Gunawan sang narasumber yang juga merupakan Perangkat Desa Tremes Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri.

Dalam kegiatan pelatihan ini peserta diberi materi serahan, berupa foto kopi tata cara beternak burung puyuh. Kemudian nanti akan diberi ilmu membuat kandang susun yang efisien, tidak memakan tempat, serta akan diberi bibit burung puyuh remaja. Narasumber menjanjikan setelah DOQ (bibit puyuh) siap dikirim, nanti akan di ajari untuk membuat kandang. Dia juga bersedia bermitra jika nanti puyuh-puyuh sudah berproduktif. (admin_sid)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan