Selesai Bertugas, Panitia Pilkades Akhirnya Membubarkan Diri.

Sonoharjo, (01/10/2019).Setelah sekian lama menjalankan tugas sebagai Panitia Pilkades, akhirnya pada hari ini Rabu (01/10/2019) panitia membubarkan diri. Panitia Pilkades Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dibentuk pada tanggal 24 Juni 2019.  Pembentukan panitia Pilkades sesuai dengan peraturan yang berlaku harus dikukuhkan dengan surat keputusan (SK) BPD yang harus dikirim ke Pantia Tingkat Kabupaten.

Usai dibentuk esok harinya yakni tanggal 25 Juni 2019 Panitia langsung bekerja sesuai dengan tahapan Pilkades Serentak Tahap III Kabupaten Wonogiri. Kegiatan perdana yang harus dikerjakan oleh Panitia Pilkades adalah menyusun RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) dan menyusun Dafar Pemilih Sementara (DPS). Untuk pembiayaan Pilkades, seluruh Desa se Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan Pilkades mendapatkan bantuan keuangan sebesar Rp. 17.500.000,00. Selain itu Desa juga harus menganggarkan dana pendamping (sharing) Pilkades yang sumbernya dari Alokasi Dana Desa (ADD). Besaran dana pendamping adalah maksimal Rp. 20 juta rupiah.

Lalu terkait dengan daftar pemilih Panitia Pilkades mengadopsi DPT pemilu serentak. Dikarenakan daftar pemilih Pilkades berbeda dengan daftar pemilih pada umumnya. Ada batasan domisili, yakni sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sejak ditetapkannya DPS. Maka dari itu panitia harus pandai-pandai menjelaskan kepada masyarakat, dan melakukan pencermatan sekaligus validasi terkait daftar pemilih. Memang dalam regulasi ada pasal yang mengatur tentang karakteristik pemilih Pilkades.

Puncak tahapan Pilkades adalah  Pemungutan Suara dan  Penghitungan Suara pada hari Rabu tanggal (25/09/2019). Pemungutan Suara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 14.00 WIB. Meskipun cakadesnya adalah pasangan suami isteri namun antusias warga sangat tinggi. Hal ini terlihat banyaknya warga yang hadir dan berjubel di halaman kantor kepala Deaa Sonoharjo.

Tepat pukul 14.00 WIB penghitungan suara dimulai. Panitia memutuskan untuk penghitungan suara dilakukan secara serentak. Untuk menjaga kondusifitas dan agar tidak mengganggu satu sama lain, maka penghitungan suara tidak memakai pengeras suara. Sekira pukul 16.00 WIB  prosesi penghitungan suara telah selesai. Saat itu juga panitia melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara 3 TPS, Kemudian mengumumkan kepada masyarakat.

Secara keseluruhan pelaksanaan Pilkades di Desa Sonoharjo berjalan dengan tertib dan aman. Bahkan mungkin Pilkades paling kondusif se Kecamatan Wonogiri. Karena memang di Sonoharjo kontestasi Pilkades benar-benar tidak kompetitif. Setelah seluruh rangkaian tahapan pilkades selesai, tugas panitia yang terkahir yakni melaporkan kegiatan kepada BPD. Selanjutnya BPD melaporkan kepada Bupati mulai tanggal 1 s/d 3 Oktober 2019. (admin_SID).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan