Sri Lestari Kalah Telak Melawan Suami Dalam Pilkades Sonoharjo

Cakades Nomor Urut 2 Sri Lestari Menukar Surat Undangan Dengan Surat Suara

Sonoharjo, (26/09/2019). Pemungutan suara dan penghitungan suara dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap III di Kabupaten Wonogiri telah selesai. Demikian juga di Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri pemungutan suara yang diselenggarakan pada hari Rabu (25/09/2019) ditutup pada pukul 14.00 WIB. Pada saat ditutup pendaftaran pemilih, jumlah penduduk yang menggunakan hak pilih adalah sejumlah 2.349 orang dari Daftar Pemilih Tetap sejumlah 4.792 orang. Perinciannya adalah sebagai berikut TPS 1 sejumlah 935, TPS 2 sejumlah 691, dan TPS 3 sejumlah 723. Prosentase pemilih yang menggunakan hak pilih adalah sebesar 49,01 %.

Sedangkan jumlah surat undangan yang beredar untuk mencoblos adalah 2.974 lembar dari 4.792 lembar (sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap). Berarti jumlah surat undangan yang tidak beredar adalah 1.818 lembar. Tidak beredarnya surat undangan disebabkan beberapa hal, diantaranya adalah pemilih berada di perantauan, pemilih yang sudah meninggal dunia dan berpindah tempat ke luar Desa setelah ditetapkan  DPT, dan pemilih dalam keadaan sakit tua dan jompo.

“Undangan banyak yang tidak beredar disebabkan mayoritas penduduk di dusun kami adalah perantauan, mungkin mereka akan pulang dibulan Oktober, sebab di bulan Oktober banyak warga yang punya hajat, jadi kalo pulang sekarang menurut mereka tanggung”, ungkap Mulyoto salah satu anggota KPPS di TPS satu yang diberi tugas mengedarkan surat undangan. “Ada juga yang menjelang pelaksanaan Pilkades kembali merantau karena sudah terlalu lama tinggal di kampung”, tambah lelaki yang juga Ketua RT ini.

Jika dihitung dengan prosentase kehadiran pemilih berdasarkan surat undangan yang beredar yakni sebesar 78.98 %. Sebanyak 2.349 pemilih hadir dari 2.974 (undangan yang tersebar). Tidak hadirnya pemilih yang menerima undangan disebabkan beberapa hal, yakni bekerja sebagai karyawan swasta, sekolah/kuliah, dan mungkin faktor kesengajaan. Meskipun Bupati Wonogiri menghimbau kepada perusahaan, sekolah, OPD untuk memberi ijin kepada karyawannya menggunakan hak pilih, namun ada rasa enggan dari para pekerja untuk menggunakan hak pilihnya, sebab antrian cukup panjang terjadi di 3 TPS.

Sekitar pukul 14.15 WIB penghitungan suara dimulai secara serentak atau bersamaan. Untuk menjaga kondusifitas penghitungan suara tidak menggunakan pengeras suara. Para pengunjung juga dilarang masuk ke area TPS yang terletak didalam ruangan Aula Balai Desa Sonoharjo. Sebelum menghitung surat suara dicocokkan terlebih dahulu dengan pemilih yang hadir. Di TPS 1 pemilih yang hadir sejumlah 935 orang, sedangkan di TPS 2 hadir sebanyak 691 orang, dan tereakhir di TPS 3 hadir pemilih sejumlah 723 orang. Penghitungan suara dilakukan di hadapan saksi dan Panitia juga disaksikan beberapa anggoat Badan Permusyawaratan Desa. Suasana sangat tenang dan kondusif, tidak ada sorak sorai dari pengunjung.

TPS 1 berhasil menyelesaikan penghitungan suara lebih awal, dengan perolehan sebagai berikut : Suharno Indra Prasetyo memperoleh 596 suara, Sri Lestari 94 suara, Suara Tidak Sah 33 suara. Kemudian menyusul TPS 2 dengan perolehan suara Suharno Indra Prasetyo 594 suara, Sri Lestari 97 suara, suara tidak sah sebanyak 10 suara. Sementara TPS 3 paling akhir selesai sebab jumlah pemilih paling banyak diantara 2 TPS. Sedangkan perolehan suara di TPS 3 adalah Suharno Indra Prasetyo memperoleh 724 suara, Sri Lestari 166 suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak 45 suara. Total perolehan suara Suharno Indra Prasetyo adalah sebanyak 1.904 suara, Sri Lestari 357 suara, dan suara tidak sah adalah sebanyak 88 suara.

Pada saat penghitungan suara kedua Cakades tidak dapat menyaksikan dan mengikuti, sebab sesuai dengan Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 41 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 46 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Pelakasanaan Peraturan Daerah KAbupaten Wonogiri Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Pemilihan, Pengesahan dan Penngangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa Pasal 47 ayat (2) huruf c disebutkan setelah berakhirnya pemungutan suara calon harus meninggalkan lokasi pemungutan suara. Regulasi ini ditetapkan pada hari Jum’at tanggal 20 September 2019. Namun dari TIm Pengendali memberi arahan agar semua Panitia Pilkades menyediakan ruangan untuk transit cakades.

Setelah selesai melakukan rekapitulasi kemudian Ketua Panitia Pillkades Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Sunardi, S. Pd, M.Pd membacakan hasil perolehan suara masing-masing Cakades sekaligus mengumumkan calon Kepala Desa terpilih. Selesai dibacakan hasil penghitungan suara, nampak Suhano Indra Prasetyo bersama sang istrei keluar dari ruang transit dan disambut ucapan selamat dari keluarga, tim sukses dan para  pendukungnya. Kemudian kedua Cakades menuju kendaraan yang sudah dipersiapkan untuk pulang ke rumah. Secara keseluruhan proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pilakdes Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri selesai pukul 16.00 WIB. Ini merupakan proses tercepat di Kecamatan Wonogiri dari 6 Desa yang melaksanakan Pilkades. (admin_SID)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan