Inilah Hasil Rapat Khusus Kelembagaan BPD Sonoharjo Periode 2018-2024

Rapat khusus BPD baru

Sonoharjo, [11/12/2018]. Seluruh rangkaian tahapan pembentukan BPD tingkat Kabupaten Wonogiri berakhir pada hari ini, Selasa 11 Desember 2018. Tahapan terakhir yakni rapat khusus BPD dalam rangka memenuhi Bab IV pasal 28 Perda No. 8 Tahun 2018 tentang BPD. Esensi dalam regulasi tersebut disebutkan bahwa, paling lambat 3 (tiga) hari sejak pelantikan anggota BPD harus membentuk Kelembagaan BPD (struktur organisasi).

Pelantikan anggota BPD

Sesuai dengan schedule tahapan tingkat Kabupaten bahwa calon anggota BPD terpilih telah dilantik oleh Camat masing-masing pada hari Senin, tanggal 10 Desember 2018. Sejumlah 9 (sembilan) calon anggota BPD Sonoharjo pun telah dilantik oleh Sekcam Wonogiri (mewakili Camat) pada jam 13.00 WIB di pendopo Kecamatan Wonogiri. Kesembilan personil BPD Sonoharjo dengan komposisi 7 orang laki-laki dan 2 orang perempuan semua bisa hadir dalam acara tersebut.

Tepat pada hari dan tanggal pelantikan tersebut, keluar surat undangan Sekretaris Daerah yang isinya mengundang Ketua BPD periode 2018-2024 untuk hadir pada hari mendapatkan pengarahan terkait tugas dan fungsi BPD sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Acara tersebut akan digelar pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 pukul 08.00 WIB bertempat di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri.

Menyikapi surat tersebut, Pemerintah Desa melakukan langkah cepat dan strategis dengan cara berkomunikasi ke seluruh anggota BPD. Setelah mendapat konfirmasi bahwa rapat perdana sekaligus rapat khusus belum terlaksana, maka Pemerintah Desa menginisiasi dan memfasilitasi agenda rapat tersebut  Anggota BPD memberikan respon positif atas inisiasi Pemerintah Desa, sebab acara ini urgen.

Mengingat latarbelakang profesi dan pekerjaan anggota BPD bermacam-macam, maka rapat dilaksanakan pada malam hari Seluruh anggota BPD dapat hadir dalam acara tersebut, tidak ketinggalan perangkat Desa juga hadir sebagai fasilitator kegiatan rapat  Sekretaris Desa menyampaikan konsekuensi regulasi dan tahapan akhir pembentukan BPD tingkat Kabupaten adalah rapat perdana khusus untuk membahas kelembagaan BPD, jika situasi dan kondisi memungkinkan dilanjutkan dengan penetapan tatib (tata tertib) BPD. Dalam acara tersebut berkenan hadir Kepala Desa Sonoharjo, dalam sambutannya beliau menyampaikan, ” agenda hari ini sangat penting sekaligus urgen, struktur organisasi harus segera terbentuk. Pemrmerintah Desa hanya memfasilitasi acara ini, ketika sudah masuk pada ranah rapat khusus, kami tidak akan intervensi, silahkan dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada”, ujar Ninik Sugiyarti satu-satunya Kepala Desa perempuan di Kecamatan Wonogiri ini.

Selanjutnya anggota BPD melakukan rapat khusus dengan di pimpin oleh anggota tertua dibantu oleh anggota BPD termuda. Rapat berjalan dengan lancar dengan hasil sebagai berikut :

  • Ketua : SUKARMAN
  • Wakil Ketua : SUMARNO
  • Sekretaris : DWI WALYUNI, S.Pd. SD
  • Ketua bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembinaan kemasyarakatan : PARWATI, S.Pd
  • Anggota 1 : GATOT SUNARTO, S.Pd. SD
  • Anggota 2 : MUHAMAD SIDIK ATMANTO
  • Ketua bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat : AGUS WALUYO
  • Anggota 1 : ARIYANTO
  • Anggota 2 : SUKINO, S.Pd. SD

(admin-SID)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan