Ratusan KPM Padati Pendopo Kecamatan Wonogiri untuk Mengambil KKS

Sonoharjo, [17-11-2018]. Seiring dengan akan dilaksanakannya program perlindungan sosial yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hari ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari beberapa Desa/Kelurahan hadir di pendopo Kecamatan Wonogirri dalam acara penyerahan KKS dan penandatanganan aplikasi buku rekening Tabungam BNI Pandai sebagai Bank penyalur. Rata-rata yang diundang adalah kalangan ibu2, karena untuk urusan pemenuhan kebutuhan pangan dalam rumah tangga adalah ibu-ibu.

Ada beberapa kalangan usia, mulai dari pengurus rumah tangga berusia muda, bahkan ada yang sudah renta atau jompo. Penyelenggara terlihat sudah mempersiapkan diri sebelumnya, puluhan kursi sudah tertata sebagai tempat duduk antrian parabl KPM. Terlihat pula petugas dari bank penyalur telah mempersiapkan diri untuk melayani KPM.

KPM antri mengambil KKS

KPM yang diundang membawa undangan yang sebelumnya sudah didistribusikan melalui Pemerintah Desa ataupun Kelurahan. Dalam undangan tertulis tersebut KPM diminta membawa fotokopi KK dan KTP-el sebagai persyaratan untuk membuka rekening tabungan. Pendamping program memanggil KPM secara urut sesuai dengan daftar DPM (daftar penerima manfaat) bansos rastra tiap-tiap desa/kelurahan. Sebelum KPM menerima kartu keluarga sejahtera (KKS), oendamping program melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Mencocokkan undangan, fotokopi KK,  dan fotokopi KTP dengan daftar penerima manfaat.

Dalam pendistribusian KKS tersebut terlihat ada beberapa kendala administratif, beberapa KPM ada yang terkendala permasalahan beda NIK, ada pula yang double anggaran, penerima PKH (program keluarga harapan) yang notabene sudah menerima KKS masih diundang untuk program BPNT ini. Di lain sisi data yanf dipergunakan oleh pemerintah adalah data lama, dimana KPM yang sudah meninggal dunia pun masih menerima undangan. (admin SID).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan