Launching Pasar Sapi, Satu-satunya Di Kecamatan Wonogiri

Wonogiri, 3/11/2018..Tampak ratusan orang berlalu lalang di suatu tanah lapang yang terdapat beberapa bangunan permanen. Tempat itu ternyata sebuah pasar, yakni paaar hewan di Desa Purwosari Kec./Kab. Wonogiri. Pasar tersebut dibangun pada Tahun 2014, atas prakarsa Kadris Kepala Desa Purwosari mendapat bantuan keuangann APBN.

Tanah pasar tersebut dulunya adalah milik perorangan, kemudian ditukar guling oleh Pemerintah Desa Purwosari. Terletak dipinggir jalan provinsi, dari pusat pemerintahan Kabupaten Wonogiri kira-kira sejauh 5 km. Selama 4 tahun, pasar hewan tersebut belum dimanfaatkan, meskipun sarana dan prasaran pasaar sudah lengkap, sepeerti los pasar, tambatan hewan, timbangan hewan dan sarana MCK.

Hari ini Sabtu Pahing, 3/11/2018 Pemerintah Desa Purwosari melakukan launching pasar hewan. Beberapa pelaku pasar hewan, blantik (bahasa jawa:red yang berasal dari wilayah Soloraya diundang, mereka membawa hewan dagangan sapi dan kambing. Tak lupa masyarakat Desa dan luar Desa pun diundang. Dari kalangan birokrasi Kepala Dinas PMD, Kepala DinasnLapernak, Forkompincam, dan Kepala Desa se Kecamatan Wonogiri.

Dalam sambutannya, Kadris Kepala Deaa Purwosari menyampaikan, ” saya berharap dengan berdirinya Pasar Hewan ini akan menggeliatkan roda perekonomian masyarakat perdesaan. Pasaran di pasar hewan ini akan dilakukan setiap hari pasaran Pahing, tidak menutup kemungkinan setiap hari akan ada aktivitas jual beli di pasar ini” ujarnya. Kepala Dinas PMD yang terwakili oleh sekretaris memyampaikan pesannya bahwa ssegera dibentuk BUMDesa. Dan pasar hewan tersebut dijadikan salah satu unit usaha BUM Desa (Badan Usaha Milik Desa).

Sebagai pertanda dibukanya pasar hewan ini, kemudian sekretaris Dinas PMD melakukan pemukulan gong yang telah disiapkan oleh panitia. Dalam acara tersebut pengunjung diberi hidangan gulai sapi dan bakso daging sapi. Tak lupa pengunjung disuguhi organ tunggal untuk memeriahkan acara tersebut. (admin SID).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan