Percepatan pembangunan Pasar Desa, pembersiham lahan menggunakan alat berat

Pembersihan Kios

Sonoharjo, 27/10/2018. Los pedagang dan kios Pasar Desa mulai dibersihkan mulai dilaksakan pada hari Jum’at 26/10/2018 dengan mendatangkan alat berat. Kios pasar lama atap dan pintunya sudah dibongkar oleh pengguna, tinggal bangunan dinding yang tersisa sebanyak 8 lokal. Jika pembersihan dilakukan dengan manual atau tenaga manusia akan menyita banyak waktu dan tenaga. Maka dari itu Tim Pelaksana Kegiatan berinisiatif mendatangkan alat berat berupa back-hoe.

Bangunan kios lama ukurannya tidak seragam ukurannya, dan penataan bangunannya kurang rapi dan teratur. Selain itu tidak memenuhi salah satu persyaratan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Menurut aturan IMB, jarak bangunan demgan as/poros jalan minimal sejauh 6,75 meter. Terlebih letak pasar Desa berada di pinggir  jalan kabupaten, ruas jalan Manjung menuju Ngadirojo. Kedepannya apabila ada program pelebaran jalan, tidak akan menjadi permasalahan bangunan terlalu dekat dengan badan jalan.

Sementara banguna los pasar Desa Sonoharjo yang lama merupakan swadaya para penghuni pasar. Terbuat dari konstruksi kayu beratap seng. Lantai dasar terbuat dari plesteran yang kondisinya sudah rusak. Kondisi ini membuat para pengunjung merasa kurang nyaman, apalagi penataan lapak pedagang yamg kurang rapi menyebabkan lalu lintas pembeli di pasar Desa menjadi kurang lancar, crowded dan berjejal-jejal.

Pasar tradisional yang telah berdiri kurang lebih 30 tahun silam ini, pada tahun 2018 di intervensi oleh Pemerintah Desa dengan simber dana adalah Dana Desa. Alokasi dana untuk pembanguna pasar tersebut adalah sebesar Rp. 302.212.000, 00. Dipergunakan untuk merenovasi 1 (satu) unit los pedagang dengan ukuran luas 21 m x 6 m. Bangunan menggunakan pasangan batu bata, sedangkan atap menggunakan konstruksi baja ringan dengan genteng galvalum. Lantai pasar nanti akandipasang keramik agar teelihat bersih dam rapi. Tidak hanya los pedagang yang dibangun, namun di komplek pasar Desa juga didirikan 7 (tujuh) kios, dengan ukuran tiap kios adalah 3 m x 4 m. Kios dilengkapi dengan pintu lipat untuk memberikan rasa aman bagi pengguna kios.

Pembersihan lokasi yang dimulai jum’at sore, dilanjutkan sampai malam hari. Setelah los pasar dibersihkan berikut jajaran kios pasar, tukang dan pekerja langsung melakukan bowplank. Sebab menurut rencama pekerjaan pasang batu belah dan foot plat akan dimulai pada hari Senin, 29 Oktober 2018. Pengerjaan bangunan los pedagang dan kios pasar Desa Sonoharjo direncankan berlangsung selama 45 hari. (tim pengelola-SID)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan