Wajah Baru Kantor Kepala Desa Sonoharjo Menyerupai Kantor Bupati Wonogiri

Sonoharjo, 25/10/2018..Semenjak Pemerintah Desa mendapat transfer dana yang bersumber dari Bagi Hasil Pajak dan Retribusi ( BHPR ) membuat Desa semakin menggeliat untuk menegakkan recognisi (kedaulatan) nya. Besaran tranfser dana yang di terima sebagai pendapatan transfer masing-masing Desa bervariatif, berbeda antara satu Desa dengan Desa lainnya. Dari tahun ke tahun pendapatan transfer yang bersumber dari BHPR mengalami tren kenaikan yang signifikan. Pun yang diterima oleh Pemerintah Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri ihwal penerimaan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi tersebut. Sebagai komparasi, pada Tahun 2017 Desa Sonoharjo menerima transfer dana sebesar Rp. 22.876.000,00 sementara pada Tahun 2018 menerima transfer dana sebesar Rp. 27.592.00,00. Ada peningkatan pendapatan sebesar Rp. 4.716.000,00.

Pemanfaatan dana BHPR tersebut tidak ada batasan bidang kegiatan, sebagaimana halnya dengan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bantuan Keuangan Provinsi yang memiliki persyaratan khusus peruntukannya.Sementara. penggunaan BHPR tergantung kepada kewenagan Desa yang dimasukkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) sebagai pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa). Pada Tahun Anggaran 2017, BHPR yang diterima Desa Sonoharjo dipergunakan untuk merenovasi pagar Kantor Kepala Desa, mengingat kondisi pagar yang merupakan aset Desa tersebut dalam kondisi kurang baik. “Pagar kantor Kepala Desa Sonoharjo itu dulunya yang membuat mantan Kepala Desa di era 80-an ” uajr seorang warga yang enggan disebutkan namanya. ” Konstruksi bangunan masih menggunakan model lama, dan kondisi saat ini sudah banyak yang retak ” tambah beliau.

Pagar Kantor Kepala Desa yang direnovasi tersebut terletak persisi di muka TK Pertiwi Sonoharjo 1, guna mempercantik wajah TK (Taman Kanak-Kanak) agar terkesan rapi, aman, dan indah selain juga untuk faktor keamanan dalam rangka menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. TK Sonoharjo 1 merupakan TK favorit di Desa Sonoharjo, dan sangat produktif. Bahkan banyak warga dari luar Desa Sonoharjo yang menyekolahkan anaknya di TK tersebut. Maka dari itu perlu diciptakan rasa aman dan nyaman bagi peserta didik dan orang tua yang mengantarkan anaknya, salah satunya dengan mengintervensi pagar yang telah usang tersebut.

Foto 0 % akses masuk kantor

Pada Tahun Anggaran 2018, penerimaan BHPR dipergunakan untuk merenovasi gerbang utama masuk Kantor Kepala desa. Akses masuk ke kantor awalnya hanya satu akses, kemudian dirancang menjadi 2 (dua) akses, sehingga dibedakan antara akses masuk dan akses keluar. Harapannya setelah kedua akses dipisahkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi khalayak yang akan masuk ke Kantor Kepala Desa Sonoharjo. Rancang bangunnya menyerupai Kantor Bupati Wonogiri, lengkap dengan penanda identitas kantor, yakni KANTOR KEPALA DESA SONOHARJO berbahan dasar huruf akrilik yang di dalamnya terpasang lampu, sehingga ketika waktu malam hari mudah terbaca oleh masyarakat.

suasana malam hari

Tidak hanya sampai disitu, untuk menciptakan suasana teduh dan hijau juga terdapat taman yang terdiri dari rerumputan dan tanaman hias yang di tanam pada pot-pot besar. Dimuka taman tersebut diberi lintasan yang diatasnya terdapat bebatuan pantai yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk terapi kesehatan. Warga menyambut baik kegiatan berbenah wajah Kantor tersebut. Padi pagi hari banyak warga, terutama kaum lansia yang memanfaatkan lintasan terapi tersebut untuk sekedar mengendurkan otot kaki sembari menghirup udara segar  suasana perdesaan di pagi hari. Sementara di malam hari banyak kalangan muda-mudi dan anak-anak yang berswa foto dengan latar belakang taman tersebut. Wajah baru Kantor Kepala Desa Sonoharjo dengan tampilan baru tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Kecamatan Wonogiri. (tim pengelola SID).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan