Selamat Datang Dana PAMSIMAS di Desaku

Rakor KKM Tirto Harjo

Sonoharjo, Jum’at 27/10/2018..Setelah sekian bulan menunggu cairnya dana sembari berproses, akhirnya dana Pamsimas Jilid III  pada bulan Juni tahun ini dana yang bersumber dari APBN tersebut sudah masuk ke rekening KKM Tirto Harjo Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Dana yang ditransfer sebesar Rp. 350.000.000. Pencairan dana tersebut dibagi dalam 3 (termin), yakni sebesar 40 %: pada termin kesatu, sebesar 40 % pada termin kedua, dan sisanya sebesar 20 % pada termin ketiga.

Dana tersebut diperuntukkan untuk membiayai 3 (tiga) komponen kegiatan, yakni kegiatan SPAM (sarana pènyediaan air minum), sanitasi sekolah, dan sanitasi sosial. Sesuai dengan RKM (rencana kerja masyarakat) yang telah disusun oleh KKM (Kelompok Keswadyaan Masyarakat) sebagai pelaksana program, prioritas seraoan anggaran paling besar adalah untuk SPAM. Sebab berdasarkan pemetaan wilayah, ada beberapa dusun yang masyarakatnya belum terlayani dan tercukupi kebutuhan air bersihnya. Ketercukupan kebutuhan masyarakat akan air bersih nantinya akan dijamin oleh program ini.

Sebagai langkah awal untuk pencairan tahap sàtu, KKM Tirto Harjo mengundang seluruh elemennya yang terdiri dari Satlak (satuan pelaksana), BP SPAM (sebagai pengelola) dan Pemerintah Desa sebagai penanggung jawab program ini. Rapat koordinasi dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Juli 2018 bertempat di ruang rapat Kantor Kepala Desa Sonoharjo, hadir juga pendamping program yang akan memandu jalannya rakor tersebut.

Dalam rapat tersebut pendamping program menyampaikan tahapan pencairan dan apa saja hang harus dipersiapkan guna menyerap dana tersebut. Dana yang harus dicairkan adalah termin satu sebesar Rp. 98.000.000. Dana ini akan dipergunakan untuk 3 (tiga) kegiatan, yakni pelatihan KKM, belanja material reservoar (tampungan air) dan belanja mesin pompa beserta kelengkapannya. Pendamping juga berpesan kepada KKM berikut perangat kerja untuk segera mencairkan dana tersebut dan segera merealisasikan dana tersebut, sebab untukencairkan dana termin kedua, persyaratananya adalah pertanggungjawaban dana termin kesatu.

Pada kesempatan tersebut pendamping juga menampilkan gambar teknis bangunan reservoar berikut kebutuhan material secara detail, semua kebutuhan terangkum dalam RPD (rencana penggunaan dana). Tim pengadaan barang dan jasa yang sudah dibentuk diharapkan bekerja secara jeli dan teliti, artinya kebutuhan barang/material harus memperhatikan kualitas sesuai dengan standar teknis yang ditentukan. Survey harga ke tiga toko penyedia barang harus dilaksanakan dengan benar guna menjaga kualitas barang yang dibeli dan dengan harga paling murah diantara ketiga penyedia barang. (ags-admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan