Jamin Layanan Publik, Pemerintah Desa Tetap Buka pada Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H

Sonoharjo, Senin (18/06/2018).Pemerintah mengumumkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2018 atau 1439 H adalah selama 7 (tujuh) hari, yakni dimulai tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, 20 Juni Tahun 2018. Namun Pemerintah menghimbau bahwasannya selama cuti bersama OPD/SKPD yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat harus tetap buka pada Cuti bersama tersebut. Hal ini dilakukan agar hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi bisa terjamin dan terlayani.

Pun demikian dengan Pemerintah Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri, guna menindaklanjuti Surat Edaran Camat Wonogiri, Pemerintah Sonoharjo langsung menyusun jadwal piket pada Cuti Bersama Idul Fitri 1439 tahun ini. Setiap hari ada 2 (dua) orang perangkat desa yang melaksanakannp piket, sedangkan jam pelayanan dimulai pada jam 08.00 sampai dengan jam 11.00 WIB.

Pada hari pertama cuti bersama, yakni hari Senin tanggal 11 Juni 2018 masih banyak masyarakat yang mengurus administrasi, kedatangan mereka hanya bersifat spekulatif, dikarenakan sebagian  masyarakat kurang paham tentang pengumuman cuti bersama. Meskipun pengumuman ihwal cuti bersama telah dipublikasikan baik melalui media sosial, leaflet dan dari mulut ke mulut.

Ada beberapa alasan mereka tetap mengurus administrasi pada Cuti bersama H-4, diantaranya adalah bahasa pada bulan Juni bersamaan dengan PPDB (pendaftaran peserta didik baru), peristiwa yang bersifat urgen/mendesak seperti untuk mengurus asuransi kesehatan. Sementara pada Cuti bersama hari kedua sampai hari ketiga yakni pada tanggal 12 dan 13 Juni didominasi oleh para perantauan yang mudik lebaran.Mereka mengurus dokumen kependudukan seperti KK (kartu keluarga), KTP, Akta Lahir, Akta Kematian. Kesempatan ini mereka gunakan demi tertib administrasi kependudukan, dan mumpung mereka pulang demi bertemu dengan sanak famili.

“Kita adalah abdi Negara dan abdi masyarakat, meskipun cuti bersama pada momen lebaran tahun ini, pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan, kantor kami buka pada jam 08.00 – 11.00 WIB, diluar jam pelayanan tersebut kami persilahkan kepada publik yang menginginkan pelayanan bisa menghubungi contact person perangkat desa. Kami juga menghimbau kepada perangkat desa untuk memberikan sosialisasi secara non formal kepada para perantauan ihwal kabar terkini terkait administrasi kependudukan, agar para perantauan yang manfaatkan momentum lebaran untuk pulang kampung bisa sekaligus mengurus dokumen keluarga maupun dokumen pribadi.’ tukas Sekretaris Desa. (admin SID)

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan