Desa dan Kelurahan Wilayah Kerja Puskesmas I Wonogiri Deklarasikan Warga Peduli AIDS  (WPA)

Sonoharjo, 6/6/2018.Seluruh Kepala Desa/Lurah, Ketua TP-PKK,dan Kader Kesehatan dalam.wilayah kerja UPTD Puskesmas I Wonogiri dihadirkan di Aula UPTD Puskesmas I Wonogiri dalam rangka sosialisasi dan deklarasi pengurus WPA (Warga Peduli AIDS) pada hari Rabu, 6 Juni 2018. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rakor Penanganan HIV/AIDS yang diselenggarakan oleh Bupati pada bulan Mei 2018.

ODHA (orang dengan HIV AIDS) di Kecamatan Wonogiri perlu mendapat perhatian dan penanganan secara komprehensif, mulai dari OPD yang berkompeten sampai dengan tingkat pemerintahan paling bawah yakni Desa maupun Kelurahan. Stigmatisasi masyarakat terhadap penderita HIV/AIDS dan perlakuan masyarakat terhadap penderita HIV/AIDS perlu di rubah. Maka dari itu perlu adanya kesamaan komitmen dan tanggung jawab sosial secara menyeluruh oleh segala lapisan masyarakat yang melembaga dalam sebuah wadah yakni WPA (Warga Peduli AIDS).

Kegiatan ini di inisiasi oleh Kepala UPTD Puskesmas I Wonogiri dr. Pithut. Dalam penyampaian materi beliau memaparkan bahwa pengidap penyakit AIDS didominasi oleh masyarakat perantauan, dengan prosentase 45 %. “Orang yang merantau dengan intensitas kepulangan 1 tahun sekali rentan terkena penyakit ini, hal ini disebabkan oleh perilaku seks yang menyimpang, mereka seringkali “jajan” untuk memenuhi hasrat seksnya. Nah ketika mereka pulang, lalu bertemu dengan pasangannya, suami/isteri akan tertular disebabkan aktivitas seksualnya”. imbuh beliau. Maka dari itu perlu keterbukaan dan edukasi kepada masyarakat ihwal cara penularan penyakit ini dan bagaimana cara penanganannya.

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah HIV/AIDS

Penderita AIDS tidak perlu kita kucilkan, namun juga harus ditempatkan layaknya masyarakat lain yang tidak terjangkit penyakit ini. Bahkan ketika pengidap penyakit mematikan dan belum ditemukan obatnya ini, masyarakat merasa takut untuk melakukan perawatan jenazah, sebelumnya Puskesmas Wonogiri I juga sudah mengadakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Pengidap HIV/AIDS sesuai dengan prosedur tetap (protap) kesehatan.

Pada kegiatan kali ini setiap Desa/Kelurahan diminta membawa Keputusan Kepala Desa/Kelurahan tentang Pengurus WPA.Selamjutnya setelah lebaran akan dijadwalkan pelatihan khusus pengurus WPA. Pada akhir acara diadakan Deklarasi Pengurus WPA tingkat Drsa/Kelurahan. Seyogyanya pada acara Deklarasi dan Sosialisasi kali ini akan dipimpin langsung oleh Camat Wonogiri,sehubungan beliau berhalangan hadir, maka deklarasi dipimpin oleh Kasi PPM Kecamatan Wonogiri Sumarno, S. Sos MM. Deklarasi WPA di kecamatan Wonogiri merupakan deklarasi kedua di Kabupaten Wonogiri, kecamatan yang pertama kali telah mendeklarasikan WPA adalah Kecamatan Baturetno.(Agus DS-admin SID).

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan