Buka Bersama dan Taraweh Keliling (Tarling) Tim 3 Kecamatan Wonogiri di Desa Sonoharjo
Buka bersama

Sonoharjo, 30/05/2018..Pada bulan Ramadhan Tahun 2018, Kecamatan Wonogiri giat melakukan safari Ramadhan dengan wujud kegiatan buka bersama.dan taraweh keliling ke 9 (sembilan) Desa dan 6 (enam) Kelurahan yang tersebar di Kecamatan Wonogiri Kota. Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan yang digelar setiap bulan Ramadhan. Setiap tim terwakili oleh Forkompimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan).

Jadwal di Desa Sonoharjo tiba pada hari ini, Rabu tanggal 30 Mei 2018. Tim yang ditugaskan untuk safari Ramadhan adalah Tim 3 yang dipimpin langsung oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) Kolonel Infanteri Ismail, S. Sos. Tim Tarling datang menjelang tiba waktu berbuka puasa di Kantor Kepala Desa Sonoharjo. Acata memang sudah diracik sedemikian rupa dengan buka bersama. Pemerintah Desa Sonoharjo mengerahkan seluruh aparatur Pemerintah Desa, BPD, Unit Pengumpul Zakat, Ketua Takmir Masjid se Desa Sonoharjo, dan KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa). Takjil dan hidangan makan sudah dipersiapkan untuk sekira 50 orang.

Setelah tiba waktu buka bersama, tim tarling bersama dengan para tamu undangan segera berbuka puasa bersama. Suasana keakraban tercipta setelah seharian.penuh mereka menunaikan rukun Islam.yang ketiga yakni puasa. Setelah melepas dahaga dan menikmati makanan ringan, Tim Tarling melaksanakan sholat Magrib berjama’ah di Masjid Al-Hidayah Dusun Ngasem Wetan Desa Sonoharjo. Letaknya sebelah barat Kantor Kepala Desa Sonoharjo sejauh 200 meter. Di masjid inilah nantinya Tim Tarling tingkat Kecmatan akan  bersilaturahim dengan jama’ah. Selepas sholat Maghrib seluruh peserta kembali lagi ke Aula Balai Desa untuk melanjutkan menikmati jamuan makan malam.

Sambutan Danramil Wonogiri

Tapat pukul 18.30 WIB, rombongan menuju lokasi yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Desa. Terlihat jama’ah masjid penuh sesak menyambut kedatangan rombongan tarling. Bertindak selaku imam sholat isya’, taraweh dan witir adalah H Mu’alim seorang tokoh agama di Kecamatan Wonogiri. Setelah rangkaian sholat selesai, Kepala Desa Sonoharjo Ninik Sugiarti menyampaikan kata sambutan dan selamat datang. Kemudian dilanjutkan ketua Tim yakni Danramil Wonogiri , Kolonel Infanteri Ismail, S. Sos. Pria kelahiran Sulawesi Selatan Besuku Bugis ini berpesan dan mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan dan menjalin persatuan dan kesatuan, serta menjaga iklim yang kondusif menjelang Pemilukada dan Pemilu di Tahun 2019 nanti.

Selesai sambutan ketua tim, acara dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Mulyatno, S. Pd M.Pd yang merupakan korwil bidang pendidikan Kecamatan Wonogiri. Kurang lebih 30 menit, jama’ah mendengarkan materi kultum yang disampaikan dengan sangat menarik guna memperkaya pengetahuan agama bagi masyarakat Dusun Ngasem Wetan khusunya dan masyarakat Desa Sonoharjo umumnya. Di akhir acara Tim Tarling Kecamatan Wonogiri memberikan kenang-kenangan kepada jama’ah yang disampaikan oleh Bambang, Amd. Kes pegawai Puskesmas Wonogiri 1, tidak ketinggalan Pemerintah Desa Sonoharjo juga memberikan dana tali asih kepada jama’ah dengan harapan dapat mendukung kegiatan keagamaan di Masjid Al Hidayah. (Agus DS-admin SID : Sistem Informasi Desa).

 

 

 

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan