Desa Sonoharjo Bangun Jalan Satu Ruas Tuntas di Bulan Ramadhan

Jalan Desa Sonoharjo

Sonoharjo, Selasa (22/05/2018)..Jalan pertanian merupakan infrastruktur dasar yang memiliki peran yang vital dalam meningkatkan aksesibilitas sektor pertanian. Mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri adalah sebagai petani sendiri, hal ini merupakan salah satu potensi desa yang perlu dikembangkan untuk berkontribusi dalam hal ketahanan pangan.

Salah satu upaya untuk memberikan daya dukung di sektor pertanian, Pemerintah Desa Sonoharjo dalam kurun waktu 2 tahun terakhir telah berhasil membangun 2 ruas jalan pertanian. Sedangkan pada Tahun Anggaran 2018 masih dianggarkan lagi untuk meningkatkan kualitas jalan pertanian yang juga berstatus sebagai jalan desa. Paradigma mulai berangsur-angsur di rubah, yakni dengan konsep satu ruas tuntas. “Program pembangunan jalan satu ruas tuntas di Desa Sonoharjo sebenarnya mengekor program Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang tertuang dalam Panca Program Bupati. Harapannya dengan satu ruas tuntas, tidak menimbulkan permasalahan baru setelah program terselesaikan” kata Ninik Sugiarti Kepala Desa Sonoharjo.

Untuk mengintervensi jalan pertanian tersebut, sumber dana kegiatan adalah dari Dana Desa Tahun Anggaran 2018 senilai Rp. 75.000.000. Dimensi jalan yang dibangun adalah panjang 200 meter, lebar 3 meter dengan tinggi 0.12 meter. Model cor beton blocking (penuh) dipilih untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan. Selain sesuai dengan standar komstruksi, pemabngunan infrastruktur dasar juga mengedepankan nilai estetika (keindahan).

Cor beton readymix K-175Guna menjamin kualitas jalan, mutu cor beton dengan karakter (K 175) dengan cor beton model readymix yang didatangkan dari salah satu perusahaan terkenal. Meskipun pada waktu pengerjaan adalah memasuki bulan puasa, namun tidak menyurutkan para pekerja untuk melaksanakan kegiatan pembangunan. Dana yang digulirkan adalah Dana Desa Tahap I yang harus terserap maksimal sampai dengan bulan Juni Tahun 2018. Selain itu penyelesaian pekerjaan tahap I sebagai persyaratan untuk pencairan Dana Desa Tahap II  Pada tahap kedua juga ada anggaran untuk pembangunan jalan desa satu ruas tuntas. (Agus DS-admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan