Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Pengidap Penyakit Menular HIV/AIDS oleh UPTD Puskesmas Wonogiri I

Sonoharjo, Selasa (15/05/2018)..Aquired Immune Defiiciency Syndtome (AIDS) adalah salah satu dari sekian banyak penyakit kategori menular yang mematikan. Penyakit ini merusak sistem.kekebalan tubuh manusia, yang disebabkan oleh serangan Human Immunodeficiency Virus (Virus HIV). Guna mengantisipasi dan menanggulangi  menularnya penyakit AIDS pada jenazah yang suspect Virus HIV, UPTD Puskesmas Wonogiri I mengundang Modin Desa dan Tenaga Kesehatan untuk dilatih dalam melakukan perawatan (pemulasaraan) jenazah.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas Wonogiri I dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Hadir sebagai narasumber adalah Kepala KUA Kecamatan Wonogiri Andi Firmansyah,  S. Ag. MM dan pegawai Puskesmas Wonogiri I yakni Marsudi, S. Kep. Masing-,masing Desa mengirimkan 1 (satu) orang Modin Desa dan 2 (dua) orang Tenaga/Kader Kesehatan. Setelah kegiatan pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri I, selepas  pemateripembukaan pertama yakni Kepala KUA Kecamatan Wonogiri menyampaikan materi ihwal pemulasaraan jenazah. Beliau mengatakan, ” Ada 4 (empat) hak jenazah yang harus kita penuhi, pertama, memandikan jenazah, kedua mengkafankan jenazah, ketiga mensholatkan jenazah, keempat menguburkan jenazah “. Ketika memandikan jenazah jangan sampai kita diskriminatif, apakah jenazah tersebut ketika hidupnya terjangkit penyakit menular atau tidak, sebab memandikan jenazah adalah fardhu kifayah, wajib kita lakukan. Terkait tata-cara memandikan jenazah yang sesuai dengan standar kesehatan dan bersifat aman dari resiko tertularnya penyakit nanti akan disampaikan pemateri kedua dari UPTD Puskesmas, tandas beliau.

Sebelum dilanjutkan ke pemateri kedua, tepat jam 10.00 WIB pemandu, panitia dan seluruh peserta melakukan giat 10-10, yakni peregangan otot 10 menit pada jam 10.00 WIB, kegiatan ini merupakan rutinitas di Puskesmas Wonogiri I sebagai upaya mendukung Gernas (Gerakan Masyarakat Sehat). Semua peserta sangat antusias mengikuti senam ringan dengan panduan video yang ditampilkan dalam screen OHP.

Pemateri kedua dari UPTD Puskesmas Wonogiri I menyampaikan Protap (prosedur tetap) Penatalaksanaan Perawatan Jenazah Penyakit Menular. Masing-masing peserta pelatihan mendapatkan Hard Copy Protap perawatan jenazah. Setelah selesai penyampaian materi kedua, kegiatan langsung dilanjutkan dengan praktek Pemulasaraan jenazah. Panitia penyelenggara sudah mempersiapkan alat peraga secara lengkap, replika jenazah, peralatan untuk perawatan jenazah, dan peralatan safety untuk pelaku perawatan jenazah diantaranya sarung tangan, celemek plastik, sepatu boot, penutup kepala dan lain sebagainya.

Harapan dilaksanakannya pelatihan ini selain sebagai bahan pengetahuan bagi khalayak, sekaligus sebagai upaya nyata untuk mencegah resiko tertularnya penyakit. Tidak hanya penyakit AIDS, tapi juga penyakit menular lainnya seperti Hepatitis dan lain-lain. Peserta juga diharapkan menyebarluaskan ilmu yang didapat dalam pelatihan ini kepada masyarakat, dan mengaplikasikan pelatihan ini dalam perawatan jenazah agar sesuai dengan hukum agama dan standar kesehatan. (Agus DS-admin SID)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan