Jama’ah Masjid Al Huda Pugut Ziarah Wali

Sonoharjo, 25/03/2018..Giat wisata religi dilakukan oleh jama’ah Masjid Al Huda Dusun Pugut Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri dan beberapa jama’ah yang berasal dari luar dusun tersebut. Kegiatan keagamaan ini merupakan kali kedua dilakukan oleh para jama’ah, kali pertama dilakukan ziarah makam wali songo di Jawa Timur, sedangkan hari ini ziarah makam para wali  dan ulama besar di wilayah Jawa Tengah.

Dua buah armada bus pariwisata mengangkut kurang lebih 80 orang, baik orang tua, dewasa maupun anak-anak. Dikarenakan bus besar kesulitan masuk ke Dusun Pugut, kendaraan besar tersebut parkir di depan Kantor Kepala Desa Sonoharjo. Sekira jam 00.30 WIB rombongan ziarah berangkat menuju tempat yang telah dijadwalkan. Rencananya rombongan akan kembali pulang pada hari Senin, 26/03/2081 dinihari.

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir perkembangan agama Islam di Dusun Pugut mengalami kemajuan yang sangat pesat, Salah satu pondok pesantren tua terkenal di Kediri Jawa Timur yakni Ponpes Lirboyo memberikan andil dan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan syiar agama Islam di dusun tersebut. Awalnya adalah safari dakwah dibiulan ramadhan yang dilakukan oleh santri ponpes Lirboyo selama satu bulan penuh. Masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para pemangku kepentingan di dusun tersebut sangat antusias menyambut kedatangan santri. Bahkan disediakan fasilitas dan akomodasi yang lengkap guna menunjang kegiatan dakwah diwliayah yang merupakan salah satu dari 18 dusun dengan jumlah penduduk terbesar dan wilayah terluas di Desa Sonoharjo.

“Kegiatan ziarah ini dilakukan guna menambah khasanah dan pengetahuan sejarah perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Jama’ah diharapkan dapat mengetahui dan meneladani kontribusi para wali dan ulama besar terhadap agama Islam” ujar salah satu pemuka agama di dusun tersebut. ‘ Ziarah ini yang ke dua yang pertama kami lakukan di Surabaya dan Madura, harapannya nanti ada yang ketiga dan seterusnya khususnya di Pulau Jawa” tandas pemuka agama yang sekaligus kepala wilayah di Dusun tersebut.

Dusun Pugut memberikan warna tersendiri terkait majunya kegiatan keagamaan di Desa Sonoharjo. Telah didirikahajadnMadrasah Hidayatul Mubtadi’in Husnul Khatimah dengan jumlah santri sekitar 42 khusus anak-anka di dusun itu. Selain itu kegiatan yang sifatnya rutinitas adalah maulid secara terjadwal dan momental pada saat warga menggelar hajad. Berikutnya adalah terbentuknya lembaga dakwah yakni Grup Rebana “Jamunirah” yang acapkali tampil dan pentas dalam acara keagamaan skup dusun maupun skup desa. Jamunirah merupakan singkatan dari Jamaah Muji lan Niru Rasullullah..(adm-agg).

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan