KKM “TIRTO HARJO” Koordinasi Persiapan Pencairan PAMSIMAS III Di Sonoharjo.

Sonoharjo, Kamis 22/03/2018..Program PAMAIMAS III Tahun Anggaran 2018 diakses oleh Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri bersama 2 Desa lainnya yakni Desa Wonokerto dan Desa Wonoharjo. Lembaga yang berkompeten melaksanakan program Kementrian PUPR ini pada tingkat Desa adalah KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat). KKM TIRTO HARJO dibentuk oleh Pemerintah Desa Sonoharjo pada Bulan September 2017 melalui Musyawarah Desa yang menghadirkan beberapa elemen masyarakat.

Perangkat Kerja KKM juga sudah terbentuk, yakni SATLAK dan BP-SPAM. Setelah terbentuknya lembaga yang mempunyai konsep kepemimpinan kolektif kolegial (kepemimpinan kolektif) ini langsung mengagendakan kegiatan penyusunan RKM (Rencana Kegiatan Maayarakat) Tahun 2018. Sesuai dengan roh PAMSIMAS, RKM mengakses tiga komponen kegiatan, yakni SPAM (Sarana Penyediaan Air Minum), Sanitasi Sekolah, dan Sanitasi Masyarakat.

SPAM yang akan dibangun di Desa Sonoharjo terletak di Dusun Pugut, yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat Desa Sonoharjo secara luas. Di sebelah Utara Dusun Pugut terdapat sumber mata air yang telah disurvey oleh Tim Pendamping ihwal kualitas air, kuantitas air serta keberlangsungan sumber mata air. Setelah diadakan pengukuran debit air, didapat angka 2 litet/detik.

Peta jaringan dibuat untuk mengetahui gambaran calon penerima manfaat/konsumen di Dusun Pugut dan Dusun Jatinom..Sepanjang kurang lebih 7 kilometer jaringan induk perpipaan. ” Kedepan SPAM ini akan menjadi salah satu unit usaha BUMDESA Sonoharjo, harapannya akan ada kontribusi PAD (Pendapatan Asli Desa), sebab sesuai dengan konsekuensi program bahwasannya Pemerintah Desa harus menganggarkan sebesar 10 % dari APBDesa Sonoharjo Tahun Anggaran 2018. Fasilitasi secara total akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sonoharjo guna mendukung program Universal Acces 100-0-100. Tahun 2019 diharapkan masyarakat Desa Sonoharjo sudah 100 % air minum “, tandas Ninik Sugiarti Kepala Desa Sonoharjo.(adm-agg).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan