Bersih-Bersih Saluran Air, Warga Datangkan Alat Berat.

Sonoharjo, Kamis 22/03/2018..Menjelang musim tanam ke 2 (MT-2) warga giat melakukan kegiatan membersihkan saluran air di areal pertanian. Adalah warga Dusun Wiro Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri melaksanakan kegiatan kebersihan dan normalisasi saluran air non permanen. Di areal persawahan sebelah timur Dusun Wiro.Kondisi saluran air yang juga merupakan saluran irigasi yang mengaliri tanah pertanian milik warga Dusun Wiro dan sekitarnya kondisinya sangat memprihatinkan, Kondisinya sangat tidak terawat, lebar dan kedalaman saluran air non permanen tersebut sudah tidak memenuhi standar kelayakan.

Pada saat musim oenghujan, saluran tersebut tidak dapat menampung aliran air. Sehingga air meluber dan tumpah ke badan jalan berupa cor beton. Luapan air tersebut juga membawa tanah, selain menyebabkan jalanan menjadi licin dan membahayakan pengguna jalan, air yang meluap tersebut lambat lain akan mengikis bangunan cor beton pada jalan puter distrik (lintas dusun) tersebut. Para petani yang akan manfaatkan saluran irigasi tersebut juga gusar, penyebabnya aur yang akan digunakan untuk mengaliri lahan pertanian lambat sampai ke sawah mereka. Air banyak yang terbuang dalam perjalanan.

Melihat fenomena tersebut, Suyadi Kepala Dusun Setempat segera berkoordinasi dengan Ketua RT dan sebagian warga untuk membersihkan saluran air tersebut. “” Bulan Maret ini bertepatan dengan siklus panen dan tanam bagi petani. Dikarenakan hampir seluruh warga disibukkan dengan siklus pertanian tersebut, maka kami mempunyai gagasan untuk mendatangkan alat berat (buldozer) mini”, tandas Kepala Dusun. Jika menggunakan tenaga manusia akan memerlukan waktu yang lama dan jumlah tenaga yang sangat besar, guna percepatan penyelesaian pekerjaan kami meminta bantuan seseorang untuk mendatangkan alat berat. Kabarnya seorang salah satu pengurus partai politik yang memfasilitasi kedatangan alat berat ke lokasi, sebab jika harus menyewa alat berat warga merasa budget nya sangat besar.

Ibarat gayung bersambut, kegiatan warga tersebut diapresiasi oleh Pemerintah Desa Sonoharjo, sebab pada Tahun Anggaran 2018 Desa mengintervensi lokasi tersebut untuk kegiatan pembangunan saluran Drainase dan Peningkatan Kualitas Jalan Desa. Harapan nantinya kebutuhan petani yang memanfaatkan saluran itu untuk irigasi menjadi lancar dan tercukupi, pengguna jalan dan para petani yang melintas pada jalan Desa tersebut juga akan merasa aman dan nyaman. Tugas pasca pembangunan infrastruktur terkait perawatan akan di serahkan kepada warga masyarakat dan para pemilik lahan sekitar untuk menjaga keutuhan saluran drainase dan tentu saja kondisi jalan Desa terkait. (adm-ags).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan