Ular Pyton Sebesar Betis Orang Dewasa Ditangkap Warga Sonoharjo

Sonoharjo, 13/03)2018..Sore tadi seorang warga Dusun Tanggung Wetan Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri bernama Wakimin (55) berniat menebang pohon bambu untuk dijadikan jemuran. Serumpun pohon bambu yang tumbuh liar tersebut terletak di selatan tempat tinggal Wakimin, tepatnya samping gorong-gorong sebelah barat tempat pemakaman umum. Pohon bambu tersebut tumbuh sangat rimbun dan lebat, ada beberapa pohon yang menjuntai ke jalan raya.

“Jemuran dirumah saya sudah waktunya diganti, tiang oenyangganya sudah lapuk. Niatan saya memotong bambu ori disamping kandang ayam, begitu sampai di lokasi saya kaget melihat ular sanca melingkar dipangkal pohon bambu itu” cerita Wakimin. Sontak lelaki tua tersebut kaget, melihat ular sanca (Pyton) sebesar betis orang dewasa. Lalu lelaki tersebut mengurungkan niatnya untuk memotong pohon bambu. Sambil berlari kecil, lelaki tersebut pulang dan bertemu dengan tetangga. Kemudian peristiwa tersebut dilaporkan kepada Ketua Rukun Tetangga (RT).Menanggapi laporan tersebut, ketua RT langsung mengerahkan warga menuju lokasi tempat dimana ular Pyton tersebut bersembunyi.

Sesampai di lokasi warga berkumpul untuk mencari ular tersebut.Nampak dari jauh terlihat si ular Pyton masih berada ditempatnya, sepertinya ular tersebut baru saja memakan mangsanya, tidak terlihat gerakan agresif dan cenderung diam. Dikarenakan tidak ada yang memiliki keahlian khusus menangkap ular besar, maka warga memutuskan untuk mendatangkan pawang ular dari wilayah Ngadirojo  Tak lama kemudian si pawang ular datang, lalu bersama puluhan warga membuka akses untuk lebih mendekati ular.

Setelah beberapa lama melakukan pengamatan dengan menggunakan karung beras kepala ular berhasil ditangkap oleh pasang ular, sementara warga yang lain membantu memegang badan dan ekor ular untuk mengindari lilitan  Ular Pyton memang bukan jenis ular berbisa, namun gigitan taring yang besar bisa melukai anggota badan, bahkan jika tubuh ular melilit mangsanya bisa kesulitan bergerak.

Setelah berupaya dengan gigih akhirnya ular berhasil ditangkap dan ditaklukkan oleh warga dan pawang ular, kemudian seluruh badan ular dimasukkan kedalam karung agar tidak membahayakan. Ular dengan panjang kira-kira 4 meter dan berat kurang lebih 40 kg tersebut kemudian dibawa ke Ngadirojo untuk dikandangkan dan kemungkinan nanti akan diserahkan ke kebun binatang sebagai koleksi satwa. Menurut pernyataan beberapa warga disekitar tempat ditemukan ular tersebut memang seringkali dilihat oleh warga sekitar yang sedang mencari pakan ternak.Ada juga yang mengatakan bawa sepanjang aliran sungai kecil memang dipenuhi semak belukar dan rerimbunan tanaman bambu, tidak mengherankan jika dilokasi tersebut dihuni ular besar. Tempat itu memang jarang sekali dijajah manusia.(adm-ags).

Facebook Comments
News Reporter

2 thoughts on “Ular Pyton Sebesar Betis Orang Dewasa Ditangkap Warga Sonoharjo

Tinggalkan Balasan