Kasat Binmas Polres Wonogiri Gelar Apel Kaposkamling di Desa Sonoharjo

Sonoharjo, 12/03/2018..Pagi hari ini, Senin 12 Maret 2018 bertempat di halaman Kantor Kepala Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri digelar acara Apel Kaposkamling Polres Wonogiri. Kegiatan yang di inisiasi oleh Kesatuan Binmas Polres Wonogiri dipimpin langsung oleh Kasatbinmas AKP SUWONO, SH yang sekaligus sebagai inspektur upacara apel pagi tadi. Dalam acara amanat apel, Kasatbinmas membacakan langsung sambutan Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede SIK, MIK..

Tema kegiaran apel kaposjamling hari ini adalah “Dalam Rangka Mencegah Radikalisme ISIS  dan Sosialisasi Gerakan Revolusi Mental  Menuju Terciptanya Kamtibmas yang Kondusif  Desa Sonoharjo Kec/Kab. Wonogiri. Pokok sambutan Kapolres  Wonogiri dalam acara tersebut adalah mengajak masyarakat untuk lebih giat melakukan Pamswakarsa melalui kegiatan Siskamling. Peran para tokoh masyarakat sangat vital dan sentral dalam upaya cipta kondisi Kamtibmas yang kondusif. Ancaman paham  radikalisme dan terorisme harus kita waspadai dengan melakukan tindakan preventif  dan preemtif. Sebab jumlah aparat kepolisian sangat terbatas  dan tidak akan  mampu mengcover setiap saat dan setiap waktu terhadap situasi dan kondisi di masyarakat perdesaan.Terakhir Kapolres berpesan agar Pemerintah Desa bersama seluruh elemen masyarakat turut  mensukseskan Pemilukada Jawa Tengah mulai saat ini sampai nanti pada hari pelaksanaan yakni tanggal 27 Juni 2018. Terlebih masa kampanye adalah masa yang rentan terjadinya konflik di maayarakat.

Peserta Apel Kaposkamling  pada hari  ini terdiri dari beberapa elemen, diantaranya adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa Sonoharjo, Lembaga Kemasyarakatan (Ketua RW/RT se Desa Sonoharjo), petugas Linmas Sonoharjo. Peserta Apel mengikuti acara dengan khitmad, dan secara bersama-sama menirukan Tugas dan Fungsi Kamling yang dibacakan oleh perwakilan peserta yakni Kasi Pemerintahan Desa Sonoharjo Yudianto.Acara apel ini berlangsung selama kurang lebih 45 menit.

Selain jajaran Kesatuan Binmas Polres Wonogiri, berkenan hadir pula dari Kesatuan Lalu Lintas yang mengadakan sosialisasi tentang Operasi Keselamatan Lalu Lintas CANDI-2018 dengan tema Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusiaan.Tertib berlalu lintas adalah suatu kebutuhan, agar selamat dalam perjalanan dan jangan dipandang sebagai unsur paksaan. Tingginya angka lakalantas diwonogiri diawali oleh adanya pelanggaran. Ada 7 point pelanggaran yang akan ditindak dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018, yakni pertama penggunaan helm, kedua penggunaan HP ketika sedang berkendara roda dua maupun roda empat, ketiga berkendara melawan arus lalu lintas (forbidden), keempat pengendara dibawah umur, kelima mengkonsumsi miras dan narkotika, keenam tidak memakai safety belt, ketujuh melebihi batas kecepatan maksimal.

Acara sosialisasi oleh Satlantas Polres Wonogiri dilaksanakan didalam ruangan yakni di ruang pertemuan Kantor Kepala Desa Wonogiri. Dalam acara ini diadakan dialog dan forum tanya jawab terkait Undang-Undang Lalu Lintas yakni UU Nomor 22 Tahun 2009. Esensi diadakannya sosialisasi terkait Lalu Lintas dan angkutan jalan adalah mengajak masyarakat untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. Ada 3 kejadian dalam berlalu lintas yakni selamat, menabrak, atau ditabrak.Harapannya Lembaga Kemasyarakatan RT/RW yang merupakan ujung tombak dalam kehidupan bermasyarakat dapat mensosialisasikan tentang keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat di lingkungannya.Acara ditutup dengan foto bersama Kasatbinmas dan Satlantas Polres Wonogiri. (Adm-ags.ds)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan