Masyarakat Sonoharjo Menyambut  Gembira Jemput Bola Rekam E-KTP di Balai Desa.

Sonoharjo, (10-03-2018).Kepemilikan Dokumen kependudukan merupakan hak sipil setiap warga negara, maka dari itu pelayanan kebutuhan akan kepemilikan dokumen kependudukan baik dokumen keluarga maupun dokumen pribadi (KTP) harus dilaksanakan dengan prinsip memberikan kemudahan bagi warga negara akan hak sipil tersebut. Kaaus mega korupsi pengadaan e-KTP (KTP Elektronik) sedikit banyak mengikis tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, meskipun sampai saat ini kasus tersebut sudah ditangani oleh pihak yang berwenang.

Guna memulihkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, maka perlu dilakukan upaya nyata untuk menjamin kepastian kepemilikan dokumen bagi warga negara. Berdasarkan pencermatan database kependudukan yang tersimpan dalam SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil dan dikirimkan ke seluruh Desa se Kabupaten Wonogiri, masih banyak penduduk wajib KTP (usia 17 tahun ke atas) yang belum melakukan rekam data E-KTP. Pun yang terjadi di Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri, terdapat kurang lebih 213 penduduk yang belum melakukan rekam e-KTP. Setelah data tersebut dilakukan verval (verifikasi dan validasi) ada beberapa alasan yang dapat diinventarisasi. Pertama, hampir 40% penduduk di Desa Sonoharjo adalah penduduk boro/perantauan, sehingga belum bisa melakukan rekam data dikarenakan tidak ada di rumah, kalopun mereka pulang sifatnya insidental. Kedua, golongan penduduk yang masuk kategori jompo, keterbatasan fisik yang menyebabkan pihak keluarga merasa kesulitan ketika harus mengantarkan ke Kantor Camat untuk melakukan rekam data. Ketiga adalah golongan penduduk yang difabel/disabilitas, yakni mereka yang mempunyai keterbatasan fisik sejak lahir, mengalami cacat mental.

Nah sebagai upaya memberikan pelayanan prima sekaligus mempermudah akses masyarakat dalam hal kepemilikan dokumen pribadi (e-KTP), maka Pemerintah Kecamatan Wonogiri melaksanakan program Jemput Bola Rekam Data e-KTP di 9 Desa dan 6 Kelurahan. Kegiatan ini dijadwalkan mulai tanggal 09 Maret 2018 sampai dengan 14 April 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu. Sebab hari Senin-Kamis hardware n software e-KTP digunakan secara reguler di Kantor Camat Wonogiri.

Desa Sonoharjo mendapat jatah di hari kedua, yakni pada hari Sabtu tanggal 10 Maret 2018 mulai jam 09.00 sampai dengan jam 15.00 WIB bertempat di Aula Pertemuan Kompleks Kantor Kepala Desa Sonoharjo. Pemerintah Desa Sonoharjo menyambut baik program tersebut, sebab Desa Sonoharjo secara geografis terletak di pinggiran, berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Jarak tempuh dari Desa Sonoharjo ke Kantor Camat Wonogiri adalah sejauh 10 kilometer. Animo masyarakat terlihat sangat tinggi, dikarenakan sasaran Rekam data e-KTP ternyata tidak hanya penduduk wajib KTP, namun juga penduduk usia 16 Tahun.

Sebelum dilaksanakan rekam data, Kasi Pelayanan Umum ¬†Kecamatan Wonogiri Sumarno, S. Sos MSi memberi pengarahan, ” Program ini merupakan Program dari Pemerintah Pusat, pelaksananya adalah Kecamatan Wonogiri. Sedangkan Desa bertugas mempersiapkan tempat dan memberikan publikasi adanya program ini. Sasaran program ini adalah penduduk wajib KTP yang belum rekam e-KTP dan penduduk usia 16 Tahun dengan harapan ketika nanti memasuki usia 17 tahun (wajib KTP), mereka sudah memilki KTP, ini dinamakan program percepatan kepemilikan dokumen e-KTP” tandas beliau.

Tim yang bertugaa terdiri dari 4 personel yakni Kasi Pelayanan Umum, Kasi Pemerintahan Rahardi S.Sos MM, Operator Andreas Budi Kristiawan, SE, serta Asisten Operator Suharni, Amd. Pelaksanaan perekaman data berjalan dengan tertib dan lancar dan ditutup pada jam 15.00 WIB. Meskipun tingkat kehadiran tidak sesuai dengan target yang ditentukan, namun Kepala Desa Sonoharjo Ninik Sugiarti sangat mengapresiasi kegiatan ini. ” Saya merasa puas dan senang, warga kami yang jompo, akhirnya nanti akan mempunyai e-KTP karena sudah rekam data. Lalu sebanyak 3 orang penduduk diasibilitas juga berhasil direkam datanya di Balai Desa ini. Harapannya nanti ada program yang sama dilain kesempatan, karena kegiatan ini nyatanya memberikan kemudahan bagi penduduk yang akan memiliki e-KTP”, imbuh beliau.. (adm-ags).

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan