“Tax Gathering Invitation” KPP Pratama Sukoharjo

Sonoharjo, Rabu (28/02/2018).Pada hari terakhir di bulan Februari 2018 yakni hari ini Rabu tanggal 28 Februari 2018, Kantor Pelayanan Pajak Pratama mengadakan acara “Tax Gathering” bertempat di Ballroom Lantai 2 Hotel Best Western Premiere Solo Baru Kabupaten Sukoharjo. Diantara undangan dalam acara ini adalah Bendahara Desa dan Kelurahan Kabupaten Wonogiri. Tidak semua Bendahara Desa/kelurahan mendapat undangan, untuk Kecamatan Wonogiri Kota adalah Bendahara Desa Sonoharjo dan Desa Bulusulur.

Materi acara adalah Apresiasi Untuk Wajib Pajak Bersinergi Mengumpulkan Penerimaan Negara Tahun 2018. Seperti yang kita ketahui bahwasannya kontribusi terbesar penerimaan Negara dalam APBN adalah bersumber dari pajak. Sedangkan andil Desa dalam berkontribusi pajak adalah PBB-PP, PPN, PPh. Nilai kontribusi terbesar tentunya adalah PBB-PP yang setiap tahun dipungut dari wajib pajak melalui SPPT (surat pemberitahuan pajak terhutang). Untuk tahun 2018 target PBB-PP untuk Desa Sonoharjo mengalami kenaikan yang signifikan, dikisaran angka 21%. Hal ini disebabkan naiknya NJOP dan kelas tanah berikut kelas bangunan. Ini merupakan fenomena yang wajar, sebab NJOP hasil clasering pada Tahun 2016 disinyalir sudah tidak relevan lagi.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan do’a. Dalam acara sambutan, disampaikan oleh DJP Kanwil Rida Handaru menyampaikan ” mengingatkan kembali untuk pelaporan SPT Tahunan pribadi paling lambat tanggal 31 Maret 2018, sedangkan untuk wajib pajak badan/lembaga adalah tanggal 30 April 2018. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para wajib pajak sehingga penerimaan KPP Pratama Sukoharjo sudah mencapai target”. Hadir dalam  acara tersebut Wakil Bupati Sukoharjo Edi Purwadi, SE yang membacakan sambutan Bupati Sukoharjo yang berhalangan hadir dalam acara tersebut.

Selanjutnya adalah paparan materi disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Sukoharjo Muslih Gunanta. Dalam sambutannya beliau menyampaikan 5 (lima) manfaat pajak diantaranya adalah untuk pembangunan infrastruktur, meringankan beban dan menyejahterakan rakyat, mewujudkan rasa aman bagi rakyat dan pengusaha, dana transfer ke daerah, dan terakhir adalah untuk subsidi. Peran penerimaan pajak dalam APBN Tahun Anggaran 2018 adalah sebesar 75 %. Sementara target penerimaan KPP PRATAMA SUKOHARJO tahun 2018 sebesar 1.440 Triliyun, tumbuh pesat sebesar 16,9% dari realisasi target Tahun 2017 atau tumbuh 30% di luar penerimaan amnesti pajak (tax amnesti).

Lima sektor dominan penerimaan pajak adalah industri pengolahan dengan kontribusi 33.95%, administrasi pemerintahan 15,31%, perdagangan besar dan eceran 14.37%, konstruksi 699%, terakhir jasa keuangan dan asuransi sebesar 5,53%. Ada beberapa program terkait pajak diantaranya adalah program amnesti, program pasfinal yakni pengungkapan aset sukarela dengan tarif final bersifat self assessment.

Regulasi ihwal kewajiban pajak adalah PP nomor 36 tahun 2017. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa dilakukan dengan kewenangan penetapan melalui pemeriksaan. Dokumen elektronik seperti e-SPT, e-Faktur (untuk dunia usaha pembeli tidak berNPWP-Nomor Pokok Wajib Pajak) harus menyerahkan NIK (Nomor Induk Kependudukan). apabila tidak menginput NIK maka e-FP tidak bisa diterbitkan dan masuk e-FP TBTS dan dianggap tindak pidana. KPP Pratama Sukoharjo akan menjadwalkan melakukan pendampingan pajak untuk Dana Desa (DD) secara individual dan klasikal, meskipun selama ini telah mengaplikasikan e-billing. Ini dilakukan untuk menegakkan “pajak kita untuk kita” dan “orang bijak taat pajak”.

Penghargaan juga diberikan kepada bendahara desa/kelurahan terbaik versi KPP Pratama Sukoharjo dengan kriteria penilaian yang dibuat oleh KPP. Lima Bendahara Desa/Kelurahan terbaik adalah sebagai berikut : urutan 1 bendahara desa Kuncangan Kecamatan Kartasura, urutan 2 bendahara desa Kerjolor Kecamatan Ngadirojo, urutan ketiga Bendahara Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri, ke 4 bendahara desa Cemani Kecamatan Sukoharjo, dan urutan ke 5 adalah Bendahara Desa Gentan Sukoharjo. Penghargaan diberikan dengan tujuan bisa meningkatkan kinerja Bendahara Desa sebagai pemungut pajak. Menurut jadwal yang disusun oleh penyelenggaran acara tax Gathering akan dikahiri pada pukul 12.00 WIB (kontributor berita : peserta tax gathering-Bendahara Desa Sonoharjo-adm/ads)

 

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan