Masyarakat Laksanakan Lepas Sambut KADUS di Emperan Masjid Baru..

Sonoharjo,Sabtu (24/02/2018)..Tepatnya tanggal 21 Februari 2018 kemarin pelaksana wilayah Kepala Dusun Tanggung Kulon dan Dusun Tanggung Wetan, salah satu wilayah di Desa Sonoharjo Kec/Kab. Wonogiri telah purna tugas atau pensiun. Kepala Dusun yang purna tugas dalam wilayah tersebut adalah Bapak Suhartoyo yang telah berusia genap 65 tahun pada saat pensiun.Beliau diangkat sebagai Perangkat Desa berdasarkan Keputusan Bupati Wonogiri No:141/001D/1983 tertanggal 10 Oktober 1983, kemudian setelah terjadi transisi SOTK pada tahun 2017, beliau dimutasi berdasarkan Keputusan Kepala Desa Sonoharjo No 22 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 menjadi Kepala Dusun Tanggung Kulon dan Dusun Tanggung Wetan, dari jabatan sebelumnya Kepala Dusun.Tanggung Wetan.

Regrouping wilayah (dusun) merupakan konsekuensi logis dari terbitnya Peraturan Desa Sonoharjo No. 3 Tahun 2017, SOTK produk lama, Desa Sonoharjo terdiri dari 12 Kadus dengan dusun sejumlah 18 dusun. Setelah terjadi perubahan SOTK, 18 dusun tersebut digabung/diregrouping menjadi 8 kepala wilayah (Kadus). Awalnya dua wilayah tersebut masing-masing dipimpin oleh seorang kepala dusun, namun salah satu Kadus diwilayah tersebut dimutasi menjadi Sekretaris Desa.

Lalu kenapa perangkat desa tersebut pensiun diusia 65 tahun. Pada tahun 2013 Pradja yang merupakan organisasi para Kepala Desa se Kabupaten Wonogiri melakukan tinjauan hukum terhadap Perda Nomor 5 Tahun 1979 ihwal masa jabatan Perangkat Desa di Kabupaten Wonogiri, dalam Perda tersebut memuat klausal bahwa usia pensiun Perangkat Desa adalah sampai dengan usia 65 tahun, Perjuangan tersebut akhirnya terkabul, bahwasannya Perangkat Desa yang SK nya berpedoman pada regulasi tersebut usia pensiunnya sampai 65 tahun, bukan 60 tahun.

Acara lepas sambut jabatan Kepala Dusun diselenggarakan oleh masyarakat setempat, mengingat saat ini beliau Bapak Suhartoyo sedang menderita sakit, dan kondisi fisiknya tidak memungkinkan lagi untuk mengikuti acara, maka acara lepas sambut dilaksanakan diteras Masjid Al-Muhaimid yang merupakan tempat ibadah baru di Dusun Tanggung Wetan. Acara tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa Sonoharjo yang terdiri dari, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, PLH wilayah setempat, Ketua BPD, Ketua RT/RW, Toga/Tomas dan seluruh warga Dusun setempat. Lepas menunaikan sholat isya berjamaah, acara lepas sambut dimulai dengan pembacaan SK Pemberhentian dengan hormat Bapak Suhartoyo. Dilanjutkan kemudian sambutan Kepala Desa Sonoharjo, dalam sambutannya Ibu Ninik Sugiarti menyampaikan ” telah terjadi kekosongan jabatan Kadus Tanggung Kulon dan Tanggung Wetan dikarenakan pejabatnya telah purna tugas sesuai dengan SK Nomor 11 Tahun 2018 tanggal 21-02-2018, lalu berdasarkan Perbup Wonogiri No 18 tahun 2017 tentang Perangkat Desa, bahwasannya bilamana mana kepala dusun diberhentikan, harus ada Pelaksana Tugas Harian (PLH) dalam dusun tersebut, maka dari itu acara malam hari ini adalah melepas Bapak Suhartoyo sekaligus menyambut Bapak Jumadi sebagai PLH Kadus Tanggung Kulon dan Tanggung Wetan”. Kepala Desa juga menyampaikan SOTK terbaru, harapannya masyarakat dapat menerima dan tidak memunculkan gejolak pada kehidupan bermasyarakat. Pemerintah Desa juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya sekaligus mengapresiasi atas darma bakti dan pengabdian beliau selama 35 tahun.

Prakata pamit dari kadus yang telah pensiun dalam acara tersebut diwakili oleh keluarga, sebab Kadus purna tugas tidak berkenan hadir karena keterbatasan fisik yang disebabkan sakit. Putra laki-laki beliau meyampaikan amanat orang tua untuk berpamitan kepada warga masyarakat sekaligus memohon maaf kepada Pemerintah Desa juga masyarakat bilamana selama 35 tahun menjabat kadus. Pesan kedua ditujukan kepada PLH untuk melanjutkan program kerja yang belum terealisasi pada saat beliau menjabat. Selanjutnya prakata pamit langsung ditanggapi oleh masyarakat yang diwakili oleh Tokoh Masyarakat Bapak Sunardi, ” beliau Bapak Suhartoyo adalah orang yang baik dan “lembah manah”, selama memimpin beliau banyak melakukan pembangunan di Dusun ini, termasuk sarana tempat ibadah Masjid ini berdiri atas prakarsa dan tidak lepas dari kontribusi beliau, mohon doanya semoga beliau lekas sembuh dan bisa kembali berbaur dengan masyarakat” tandas Sunardi seorang tokoh agama yang juga merupakan Ketua BPD Sonoharjo. Sebagai ucapan terima kasih masyarakat memberikan cinderamata kepada beliau Bapak Suhartoyo(adm-ags).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan