Anjangsana PAM TIRTASARI upaya menuju UNIVERSAL ACCES..
Pembayaran pajak air

Sonoharjo, (09/02/2018)..Paguyuban Air Minum “Tirta Sari” merupakan perkumpulan para konsumen pengguna air bersih disalah satu dusun di Desa Sonoharjo..Organisasi ini merupakan manifestasi para pelanggan/konsumen yang ingin memenuhi kebutuhan air baku secara permanen dan berkelanjutan. Pada dusun tersebut ketercukupan air baku dirasa kurang, disebabkan sumber air yang berasal dari sumur gali terlindung sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan air rumah tangga.

Beranjak dari permasalahan yang fundamental tersebut, sebagian warga bertekad bagaimana mereka mencukupi kebutuhan air untuk keluarganya. Pemerintah Desa menjadi mediator warga untuk mengakomodasi aspirasi warga bekerja sama dengan SKPD Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri. Pada tahun anggaran 2008 DPU mengalokasikan kegiatan Sarana Air Bersh dengan metode swakelola, konsekunsinya dibentuklah OMS-PAM (organisasi masyarakat setempat-pengadaan air minum).

OMS-PAM itulah yang menjadi embrio lahirnya paguyuban air minum (PAM) TIRTA SARI.Nama paguyuban diambil dengan maksud menjunjung tinggi nilai-nilai guyub rukun yang merupakan nilai filosofis masyarakat pedesaan. Harapannya PAM tersebut tidak hanya bertujuan untuk mencukupi kebutuhan air belaka, namun dibalik itu ada maksud untuk menjalin tali kekerabatan antar dusun, sebab anggota paguyuban tersebut adalah lintas dusun.

Usia paguyuban sampai saat ini sudah berumur 10 tahun, tentunya telah banyak manfaat yang dirasakan, namun dalam kurun waktu 10 tahun tersebut banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi..Namun dengan ideologi “guyub” tadi permasalahan yang ringan sampai yang terberat dapat diselesaikan dengan tuntas.

Upaya para warga ini perlu diapresiasi, jauh sebelum ada program universal acces dengan slogan 100-0-100 (100 % sanitasi, 0 % kumuh, 100 % air minum), artinya 1 dari 3 indikator program tersebut sudah diwujudkan oleh warga masyarakat. Kualitas air yang dipergunakan juga telah memenuhi standar kesehatan, artinya air tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna.(Jack).

Facebook Comments
News Reporter

2 thoughts on “Anjangsana PAM TIRTASARI upaya menuju UNIVERSAL ACCES..

  1. Di awal perintisan , mulai dengan langkah langkah kecil tapi pasti melaju dengan optimis selagi yang lain pesimis…
    Kekurangan modal dalam segala hal tidak jadi kendala justru membuat tim 11 yang saat itu begitu bersemangat mewujudkan asa bersama dan itu diangggap sebagai sesuatu tantangan. Karena sesungguhnya sesudah ada kesulitan pasti ada kemudahan…..

    1. Betul pak hari, “Ina ma’al usri usra” kalo flashback rekam jejak berdirinya paguyuban, luar biasa perjuangan temen2, termasuk panjenengan..

Tinggalkan Balasan