Peningkatan Jalan untuk Memperlancar Akses

Sonoharjo News, Rabu,1/11/2017..Panca Program Kerja Pemerintah Kabupaten Wonogiri salah satunya adalah tersedianya infrastruktur dasar yang memadai bagi masyarakat Wonogiri. salah satu giat pembangunan infrastruktur dasar utamanya jalan di Kecamatan Wonogiri adalah peningkatan kualitas jalan Kecamatan. Salah satu ruas jalan Kecamatan Wonogiri terletak di wilayah administratis Desa Sonoharjo, persisnya tepat di depan Kantor Kepala Desa Sonoharjo yakni ruas jalan Manjung- Kasihan sepanjang 6.2 Kilometer.

Masyarakat Desa Sonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri menyambut baik Program Kerja Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam rangka peningkatan kualitas jalan Kecamatan. Kegiatan diawali dengan pengaspalan jalan pada Trieulan Terakhir Tahun Anggaran 2016. Memasuki awal Tahun Anggaran 2017, Bupati Wonogiri dalam acara SAMBANG KECAMATAN di pendopo Kecamatan Wonogiri, Beliau menyampaikan bahwasannya serapan kegiatan pembangunan infrastruktur APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2017 cukup besar, hal ini diharapkan dengan pembiayaan pembangunan fisik diharapkan pekerjaan bisa tuntas, artinya jangan sampai pembiayaan kegiatan itu setengah-setengah yang pada gilirannya alah menimbulkan permasalahan. Satu contoh, ada jalan Kecamatan dengan panjang 6 km, namun pembiayaan untuk peningkatan kualitas jalan hanya mampu mengcover 3 sampai 4 kilometer. Hal seperti itu malah menjadi pemicu terhambatnya akses transportasi masyarakat.

Ruas jalan Kecamatan yang terletak di wilayah administrasi Desa Sonoharjo dengan dimensi panjang 6.2 kilometer lebar 3 meter belum signifikan dalam memperlancar akses transportasi darat. Maka dari itu jalan Kecamatan tersebut kini telah ditingkatkan statusnya dari ruas jalan Kecamatan menjadi ruas jalan Kabupaten. Konsekuensi dari alih status jalan trsebut berimbas pada dimensi jalan, yakni lebar jalan. Semula 3 meter, kini dikanan kiri jalan diadakan pelebaran 25 cm disebelah kanan dan 25 cm disebelah kiri dengan pekerjaan galian tanah, setelahnya galian tanah tersebut ditutup dengan pekerjaan cor beton konstruksi. Saat ini lebar badan jalan bertambah menjadi 3.5 meter. Selain pekerjaan pelebaran jalan juga ada pekerjaan saluran drainase berupa talud jalan dan rehabilitasi gorong-gorong.

Harapan warga setelah jalan tersebut beralih status menjadi jalan Kabupaten, asa masyarakat Sonoharjo terbangun ditahun yang akan datang segera ditingkatkan kualitasnya dengan kegiatan pengaspalan jalan, sehingga kondisi jalan menjadi lebih memadai dan representatif. Jikalau dianalisa secara geografis, jalan Kabupaten yang kini terbangun merupakan ruas jalan yang sangat vital juga stratregis, karena merupakan penghubung Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Karanganyar. Selain sebagai akses transportasi hasil pertanian padi maupun palawija, hasil pertanian hortikultura, jalan Kabupaten tersebut dapat menjadi jalan alternatif bagi masyarakat Wonogiri dan masyarakat Karanganyar yang ingin menghibur diri ke destinasi wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri maupun di Kabupaten Karanganyar.

(Kontributor Berita:Agus DS)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan