Penyerapan Dana Desa untuk Kegiatan Pembangunan Rabat Jalan Desa Sonoharjo

KABAR SONOHARJO (3 Oktober 2017)…Sebagai konsekuensi logis lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 adalah setiap Desa di Indonesia akan mendapat kucuran dana dari Pemerintah Pusata yang disebut dengan DD (Dana Desa)..Selain Dana Desa pendapatan transfer yang lainnya adalah Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Bagi Hasil Pajak dan Retribusis, PendapatanBantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.

Pemanfataan dana tersebut yang telah dimasukkan dalam Pendapatan Desa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dibagi dalam 4 (empat) komponen bidang kegiatan. Bidanag pertama adalah Bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, bidang kedua adalah bidang pembangunan masyarakat Desa, bidang ketiga adalah bidang pembinaan masyarakat Desa, dan yang keempat adalah bidang pemberdayaan masyarakat Desa.

Untuk bidanag pelaksanaan Pemerintahan Desa dipergunakan untuk operasional pelaksanaan pemerintahan untuk belanja barang dan jasa, belanja modal, belanja perawatan dan lain-lain.

Pada bidang kedua yakni bidang pembangunan Desa, sasaran kegiatannya adalah tercukupinya kebutuhan akan layaknya infrastruktur dasar, yakni jalan desa yang baik, saluran irigasi yang sudah teknis, sanitasi yang terbangun pada setiap lingkungan. Berikut adalah salah satu kegiatan pemanfataan Dana Desa.

Sementara untuk bidang yang ketiga yakni bidang pembinaan masyarakat Desa, sasaran kegiatan adalah pembinaan ke masyarakat dengan mengadakan peningkatan kapasitas masyarakat beserta lembaga-lembaga kemasyarakatan. Tujuan program adalah untuk memberdayakan masyarakat agar mampu dan memiliki dayaguna dan memiliki kapasitas sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Terakhir bidang ke empat yakni bidang pemberdayaan masyarakat, sasaran kegiatan adalah pelatihan-pelatihan ketrampilaan, pelatihan tanggap darurat bencana, pemberdayaan sistem perlindungan masyarakat dan masih banyak lagi. Kebutuhan tiap-tiap Desa tidaklah sama, tergantung karakteristik masyarakat di wilayah masing-masing.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan